Monday, August 24, 2009

CELIMPUNGAN, FUSION CUISINE FROM BATURAJA

Dalam kasanah dunie "masak & makan", ade juge yang namenye "fusion cuisine" atau "fusion food" atau sederhananye akulturasi dalam makanan. Fusion food merupekan kombinasi endai berbagai elemen berbeda dalam masakan tradisional yang kemudian menjadi bentuk makanan baru.  Pacak pule berarti  adopsi makanan endai bada tertentu dicampurkan/disesuaikan gok kebiasan daerah setempat. Misalnye mie, uhang Itali mengabdosinye endai Tiongkok  ye kemudian menjadi ragam pasta yang salah satunye adalah spagetti. Maitu pule gok CELIMPUNGAN.


Amen kite selidiki dan hase'i diwek, CELIMPUNGAN dekde lain adalah TEKWAN ye sebenahnye merupekan fusion food endai Tiongkok dan menjadi semacam bakso ikan di Palembang. Tapi di tangan-tangan uhang dihi, tekwan itu kemudian berubah wajah dan rasa dan dinamei CELIMPUNGAN.   

Ape penyebabnye? Mungkin kian jeme mulai malak atau luat atau bosan gok kuahnye ye mak itu-itu kian. Atau nyakah hase anyar atau rasa baru Tekwan dengan kuah lontong. Make digentilah kuahnye gok kuah santan ye biase kite gunakan untuk kuah lontong. Jadi amen disimpulkan TEKWAN + KUAH LONTONG = CELIMPUNGAN. Bedanya,mungkin unsur udang kering atau ebi lebih dominan di CELIMPUNGAN.

Nah, serapan kete CELIMPUNGAN juge khas--yg mengingatkn kite gok bunyi saat bulatan-bulatan "tekwan" itu dibuat: plung...plung....plung. same ketike jeme menyebut BEBEG utk rujak khas Cirebon. Kate BEBEG muncul edai suare: beg...beg..beg...

Mak itu pendapatku, kawan! Tulisan ini bukan "history of food". Aku mungkin keliru. Tapi menuhutku CELIMPUNGAN memang khas Ugan dan langka di daerah lain lok Lampung, Jambi, Bengkulu atau bahkan Palembang diwek. Berbeda gok Pempek yang populer di hampir setiap bada di Sumatera bagian Selatan. 


Bon appetit!

No comments:

Post a Comment