Monday, September 08, 2014

Kuntau, Kuntao, 拳道, Pe̍h-ōe-jī: kûn-thâu, atau Kuntaw, Mak Ini Jadi Gerakan Tari dalam Rudat

Payu, kuceritekan dikit tentang Kuntaw! 

Tahun 1981, waktu sirkus endai India muhibah ke Baturaje, aku maseh kelas due SD--tepatnye SD Negeri No 2 atau SD Teladan yang waktu itu kepala sekolahnye bername Cek Hon. Tiap balek endai sekolah yang terletak di depan atau di belakang Pengadilan Negeri Baturaje itu, aku dekde langsung balek ke huma. Tapi justru mandak di lapangan A. Yani diam-diam ngintaikan kru sirkus belateh atau sekedar nginak'i gajah wan himau dienjuk makan. Karene galak ngigal-ngigal diwean itulah aku dikeruyok budak Cemara--yang jadi penguase lapangan A. Yani waktu itu. Paling dekde, setiap ade keramian, baik itu Film Penerangan (Istilah hang kota "Layar Tancap"), Pameran Pembangunan atau ade kegiatan lain di lapangan A. Yani yang mak ini jadi Taman Kota, pastilah ade gerumbolan Budak Cemara yang galak "ngeruyok'i" jeme dek jelas macam aku. Singakat cerite, balek-balek endai husek nginak'i pemain sirkus itulah badanku bedaha-daha. Umak gok Bak-ku ye kami antau Aba wan Ama tekanjat bukan main. Kuceritekan amen aku dikeruyo'i jeme rami. Dan mulai malam itulah aku dilateh Kuntaw wan Abaku. Entah jurus ape ye diajarkan gok aku waktu itu. Yang jelas uji Abahku, ini namenye "mbinti", "mbangka", ini namenye "nyilek", ini namenye "ngunci" dan lain-lain. Seingatku, waktu itu Abaku melateh kami di belakang huma cuma besampang kian. Kusebut "kami" karena kakak-kakakku juge milu belateh. Aku kurang paham latihan singkat ye diajahkan Abaku itu. Tapi die nyebut-nyebut gerakan itu Kuntaw namenye. 


Nah, setelah mbace dan begaul gok jeme-jeme yang mendalami ilmu beladiri belakangan aku empai pacak amen Kuntaw itu ilmu beladiri khas uhang Melayu yang dikundang oleh perantau endai suku Hokian atau Suku Kek ye kite kenal. Nangun pacak dikatekan 99 persen jeme Cine ye beniage dan merantau ke wilayah Melayu umumnye berasal entai Suku Hokian yang bahasenye berbeda sangat gok bahase Mandarin.  


Amen nuhut Wikipedia, Kuntao atau Kuntaw adalah istilah Hokkien untuk seni bela diri dari masyarakat Tionghoa di Asia Tenggara, terutama semenanjung Melayu. Bukan cuma Melayu Indonesia, tapi juge Malaysia, Filipina dan Singapura. Seiring waktu, kuntao gok silat lah saling mempengaruhi satu gok ye lain di mane beda keduenye lah kabur. Meskipun sejarah mencatat seni beladiri ini datang lebeh endai 500 tahun lalu, umumnye jeme kenal Kuntau untuk menyebutkan ilmu "cara tinju", dari kun 拳 berarti tinju dan tao 道 berarti care. Istilah ini awalnye digunakan untuk seni bela diri Cine pada umumnya, dan identik dengan Quanfa (拳法, POJ: Kun-Hoat). Dalam bahasa Inggris, dan bahkan dalam penggunaan Cina modern, Kuntao biasanya mengacu khusus untuk gaya dibawa ke Asia Tenggara dan sering dekde termasuk sistem beladiri Cine. Di Indonesia atau Semenanjung Melayu, kuntaw berkembang secare diam-diam di komunitas-komunitas Tionghoa untuk membela diri melawan kolonial Eropa yang waktu itu. Maklum kian, komunitas ini di jaman itu merupakan warge kelas rendah dibanding komunitas-komunitas Eropa dan Timur Tengah. 


Melampuai sejarahnye, mungkin sikok pun ngatek agi di bada dihi pendekar Kuntaw ye pacak nceritekan kapan dan lok mane Kuntaw di OKU berkembang atau sebaliknye lengit endai peradaban. Yang pasti, Kuntaw pernah melekat menjadi bagian beladiri ninek muyang dihi di jaman itu. Juge merupekan khasanah budaya uhang Ugan yang lahir endai percampuran budaya lain , termasuk juge rudat kesenian terbangan ye datang endai daerah Hadratulmaut di Timur Tengah. Nah, amen kite pasat'i asat-asat, mungkinkah gerakan-gerakan rudat yang biasenye menyertai tetabuhan rebana itu adalah gerakan Kuntaw? Ye memperagekan jurus-jurus "mbangka", "nangkis" wan "nyilek"? Cuka pasat'i amen kamu dek percaye!      

Gerakan dalam kesenian Rudat ini menunjukkan gerakan beladiri. Mungkinkah Kuntaw?
Gerakan dalam kesenian Rudat ini menunjukkan gerakan beladiri. Mungkinkah Kuntaw?





No comments:

Post a Comment