Sumpah! Aku empai pacak amen “Patung
Petani” atau "Tugu Behas" di depan Pasar Lame lah dihubohkan. Setelah bace dan betanye sane sini,
patung itu dihubuhkan cuma karena Baturaje dekde menyandang agi “Kota Beras” alias dekde tepat agi gok kondisi Baturaje mak ini yang ngantek agi sawahnye. Terus ape sekarang identitas penggantinye? Patung Semen Tiga Gajah? Amen itu bukan identitas namenye. Itu iklan alias promo!
Entah inisiatif siape, pastinye pemerintah daerah yang berkuase sekarang punye tanggung jawab. Pacak dikatekan, mereka ye
berinisiatif melengitkan patung itu adalah mereka yang a-history,
anti-sejarah. Ngape dekde dibiarkan kian,
meskipun identitas sebagai “Kota Beras” itu lah lenyap? Paling dekde untuk mengingat amen
Baturaje pernah menyandang prestasi itu. Melenyapkan patung tersebut berarti
melenyapkan pule “ingatan besame” atau dalam bahase heritage disebut dengan “collective memory”. Bukan itu
kian, penanda kota yang selame ini menjadi ingatan publik jadi lengit dalam
kenangan mereka yang telah terlanjur mengingat Baturaje gok patung sepasang petani
tersebut.
foto diambek pada lebaran 2009 by : joni faisal |
Amen diingat agi, Patung Petani
merupakan karya Mas Eddy, seniman lulusan ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia
Jogjakarta) yang sekarang beganti name menjadi ISI (Institut Seni
Indonesia). Alhamdulilah, penulis pernah
ngecap sekolah di sini. He-he-he. Sekolah yang melahirkan banyak seniman dan
sampai tahun 2000an merupekan satu-satunye perguruan tinggi seni milik Negara
dengan sebutan Institut. Meskipun ITB juge ade jurusan Seni Patung di Fakultas
Seni Murni tapi bukan perguruan tinggi seni. Sekarang ISI bukan agi cuma ade di Jogja, tapi juga di Denpasar
Bali dan juga Padang Panjang, Sumatera Barat.
foto diambek pada lebaran 2009 by : joni faisal |
Balek ke soal patung atau tugu "Kota Beras". Patung itu dibangun atas inisiatif Bupati
Saleh Hasan, S.H, sebagai bukti amen OKU pernah berjaya gok behas
yang pacak panen 3 kali setahun.
Prestasi surplus behas OKU itu menopang propinsi-propinsi lain di
Indonesia khususnye di Sumatera Bagian Selatan yang mase kekurangan behas. Sampai-sampai Presiden Soeharto waktu itu datang
diwek untuk panen raya swasembada behas ke Belitang tahun 1986. Pada masa itu
Indonesia pacak menyumbangkan behas untuk rakyat Afrika yang kelapahan dan Suharto mendapatkan
penghargaan endai FAO (Food Agriculture Organization) dan menganugrahkan medali “From Rice To Self Sufficiency” ke presiden Orba tersebut tepat 22 Juli 1986. Lantas ngape patungnye yang dilengitkan amen prestasi
itu dekde disandang agi?
Suharto dan Ibu Tien Panen Raya |
Amen aku dekde keliru, Patung Petani itu sikok-sikoknye
patung terbaik yang pernah ade di Baturaje. Bandingkan gok patung kuhus
Jenderal Ahmad Yani yang lok bidapan dan dekde proporsional tegak di Taman Kota. Ape yang estetis endai patung Pahlawan Revolusi itu? (Bace juge: Kenape Kau Kurus Jendral? ) Untuk sekedar diingat, Tembok Berlin yang
jadi simbol pemisahan Jerman itu kian dekde dihubohkan gale meskipun pade 30 Oktober 1990 reunifikasi
antare Jerman Timur gok Jerman Barat yang berkembang endai gerakan Glasnost
Perestroika di Uni Soviet itu--sebenahnye pernah menjadi "monumen" paling memilukan bagi rakyat Jerman. Tapi bangsa yang berfikir macam Jerman tetap mempertahankan sebagian kecik tembok tersebut untuk diingat oleh generasi mereka mendatang supaye peristiwa keji dalam sejarah bangsanye itu dekde pernah lagi terulang. Sebaliknye kite, kota yang pernah berprestasi dan menunjukkan gok dunie bahwa Baturaje pernah "Bersih Elok Rapi Aman Sejahtera" gok behasnye yang mendunie, melenyapkan mak itu kian monumen prestasi yang pernah tegak di tengah-tengah kota Baturaje. Kele, makmane anak cucu kita nak mengenang dan pacak amen dulu di kota ini behas pernah berjaye? Dan sekarang mane genti identitas itu? Ah, memang lah ciri khas kite nian, amen cuma pacak merusak tapi dek tau memelihare. Terutame merawat ingatan publik tentang masa lalu kotanye. Without History There is No Future!
Bace Juge:
Riwayat Baruraja di Jantung Ibukota
Jejak Prostitusi di Kotaku
Bace Juge:
Riwayat Baruraja di Jantung Ibukota
Jejak Prostitusi di Kotaku
Jelah nian mang, pilu aku amun balek ke Baturajo, apolagi amun ke pasar pucuk, ngatek lagi patung petani tu (padahal belom sempat nak befoto disano, hehe). mano sekarang digenti samo batu ntah apo itu,..
ReplyDeleteapo pemerintah tu ndaknyo kalo Baturajo tu jadi kota yang bersih elok rapi aman sejahtera??
semoga bae pemerintah baco postingan mang Joni ni, mangke tegerak ati untuk buat simbol identitas yang PAS untuk Baturajo :)
bukan kamu kian mang yang pening mikirkannye, kami yg tinggal dibaturaje ni dakde ngerti pule dg pemikiran pemerintah mak ini ahi. tugu behas mahi lah digenti dg tugu batu, ntah dame retinye pokoknye tugu itu dipucoknye ade batu besak. lanjutkan post kamu mang, kami ngikuti trus.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDelete