Monday, September 08, 2014

BATURAJA, KOTA TANPA IDENTITAS?

Sumpah! Aku empai pacak amen “Patung Petani” atau "Tugu Behas" di depan Pasar Lame lah dihubohkan. Setelah bace dan betanye sane sini, patung itu dihubuhkan cuma karena Baturaje dekde menyandang agi “Kota Beras” alias dekde tepat agi gok kondisi Baturaje mak ini yang ngantek agi sawahnye. Terus ape sekarang identitas penggantinye? Patung Semen Tiga Gajah? Amen itu bukan identitas namenye. Itu iklan alias promo! 

Entah inisiatif siape, pastinye pemerintah daerah yang berkuase sekarang punye tanggung jawab. Pacak dikatekan, mereka ye berinisiatif melengitkan patung itu adalah mereka yang a-history, anti-sejarah.  Ngape dekde dibiarkan kian, meskipun identitas sebagai “Kota Beras” itu lah lenyap? Paling dekde untuk mengingat amen Baturaje pernah menyandang prestasi itu. Melenyapkan patung tersebut berarti melenyapkan pule “ingatan besame” atau dalam bahase heritage disebut dengan “collective memory”. Bukan itu kian, penanda kota yang selame ini menjadi ingatan publik jadi lengit dalam kenangan mereka yang telah terlanjur mengingat Baturaje gok patung sepasang petani tersebut.

foto diambek pada lebaran 2009 by : joni faisal
Amen diingat agi, Patung Petani merupakan karya Mas Eddy, seniman lulusan ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia Jogjakarta) yang sekarang beganti name menjadi ISI (Institut Seni Indonesia).  Alhamdulilah, penulis pernah ngecap sekolah di sini. He-he-he. Sekolah yang melahirkan banyak seniman dan sampai tahun 2000an merupekan satu-satunye perguruan tinggi seni milik Negara dengan sebutan Institut. Meskipun ITB juge ade jurusan Seni Patung di Fakultas Seni Murni tapi bukan perguruan tinggi seni. Sekarang ISI bukan agi cuma ade di Jogja, tapi juga di Denpasar Bali dan juga Padang Panjang, Sumatera Barat. 

foto diambek pada lebaran 2009 by : joni faisal
Balek ke soal patung atau tugu "Kota Beras". Patung itu dibangun atas inisiatif Bupati Saleh Hasan, S.H, sebagai bukti amen OKU pernah berjaya gok behas yang  pacak panen 3 kali setahun. Prestasi  surplus behas OKU itu  menopang propinsi-propinsi lain di Indonesia khususnye di Sumatera Bagian Selatan yang mase kekurangan behas. Sampai-sampai Presiden Soeharto waktu itu datang diwek untuk panen raya swasembada behas ke Belitang tahun 1986. Pada masa itu Indonesia pacak menyumbangkan behas untuk rakyat Afrika yang kelapahan dan Suharto mendapatkan penghargaan endai FAO (Food Agriculture Organization) dan menganugrahkan medali “From Rice To Self Sufficiency” ke presiden Orba tersebut  tepat 22 Juli 1986.  Lantas ngape patungnye yang dilengitkan amen prestasi itu dekde disandang agi?

Suharto dan Ibu Tien Panen Raya
Amen aku dekde keliru, Patung Petani itu sikok-sikoknye patung terbaik yang pernah ade di Baturaje. Bandingkan gok patung kuhus Jenderal Ahmad Yani yang lok bidapan dan dekde proporsional tegak di Taman Kota. Ape yang estetis endai patung Pahlawan Revolusi itu? (Bace juge: Kenape Kau Kurus Jendral? ) Untuk sekedar diingat, Tembok Berlin yang jadi simbol pemisahan Jerman itu kian dekde dihubohkan gale meskipun pade 30 Oktober 1990 reunifikasi antare Jerman Timur gok Jerman Barat yang berkembang endai gerakan Glasnost Perestroika di Uni Soviet itu--sebenahnye pernah menjadi "monumen" paling memilukan bagi rakyat Jerman. Tapi bangsa yang berfikir macam Jerman tetap mempertahankan sebagian kecik tembok tersebut untuk diingat oleh generasi mereka mendatang supaye peristiwa keji dalam sejarah bangsanye itu dekde pernah lagi terulang. Sebaliknye kite, kota yang pernah berprestasi dan menunjukkan gok dunie bahwa Baturaje pernah "Bersih Elok Rapi Aman Sejahtera" gok behasnye yang mendunie, melenyapkan mak itu kian monumen prestasi yang pernah tegak di tengah-tengah kota Baturaje. Kele, makmane anak cucu kita nak mengenang dan pacak amen dulu di kota ini behas pernah berjaye? Dan sekarang mane genti identitas itu? Ah, memang lah ciri khas kite nian, amen  cuma pacak merusak tapi dek tau memelihare. Terutame merawat ingatan publik tentang masa lalu kotanye. Without History There is No Future!   

Bace Juge:

Riwayat Baruraja di Jantung Ibukota
Jejak Prostitusi di Kotaku



3 comments:

  1. Jelah nian mang, pilu aku amun balek ke Baturajo, apolagi amun ke pasar pucuk, ngatek lagi patung petani tu (padahal belom sempat nak befoto disano, hehe). mano sekarang digenti samo batu ntah apo itu,..
    apo pemerintah tu ndaknyo kalo Baturajo tu jadi kota yang bersih elok rapi aman sejahtera??
    semoga bae pemerintah baco postingan mang Joni ni, mangke tegerak ati untuk buat simbol identitas yang PAS untuk Baturajo :)

    ReplyDelete
  2. bukan kamu kian mang yang pening mikirkannye, kami yg tinggal dibaturaje ni dakde ngerti pule dg pemikiran pemerintah mak ini ahi. tugu behas mahi lah digenti dg tugu batu, ntah dame retinye pokoknye tugu itu dipucoknye ade batu besak. lanjutkan post kamu mang, kami ngikuti trus.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete