Sunday, December 12, 2010

PERAHU AGUNG DI AYAH UGAN


Kawan,

Mase tehingat dekde kamu uhang tentang "Perahu Agung"? Yap, mereka ye mehase besak di Baturaje sebelum taun 1980-an khusunye pecinta ayah ugan, pasti mengenal perahu yang menjadi lambang PT. Pupuk Pusri ini.


menjadi logo pupuk


Di Baturaje kite mengenalnye sebagai "Perahu Agung". Selain ukurannye relatif besak, perahu ye termasuk jenis "perahu kajang" ini memang datang endai KAYU AGUNG, Ibu Kota Ogan Komenering Ilir atau OKI.


Ye menjadi ingatan kolektif kite waktu itu adalah perahu ini khas, membawa keluarga lengkap gok kucing dan anjingnye, ye menjual tembikar atau gerabah tanah liat untuk keperluan huma tangge.


Biasenye, mereka "berlayar" berbulan-bulan dan singgah bebehape ahi di pangkalan ayah ye rami. Di Baturaje waktu itu biasenye mereka mangkal di bawah kayu ujan, pas di belakang Pasar Tugu. Atau di bawah batang kayu ujan di belakang Rumah Sakit. Atau di tangge pangkalan Langgar Ogan. Sementare di Sukajadi mereka singgah di pangkalan seberang Pabrik Es. Di daerah Saung Nage mereka manggal di bada manco mubil arak jeramba sepur daerah Jati (?)


Bagi mereka yang kanak-kanak inilah kesempatan untuk membeli "celengan", tabungan endai tanah liat dengan berbagai bentuk, seperti ayam, kucing, kendi, dan yang paling murah hanya berbentuk bulatan seukuran pinggan.


Mereka juge menjual tungku, cirek, kendi, pinggan, sampai mainan tiup berbentuk burung dengan lubang yang ditutup gok jahi dan mengeluarkan bunyi perkutut.


sebagai aikon kota kayu agung

Uhang Kayu Agung memang jagonye kerajinan. Mulai endai pertukangan, ukiran, sampai kekerajinan tembikar atau gerabah, jeme Komering ahlinye. Konon, keahlian jeme kayu Agung membuat tembikar menggunakan "teknik putar miring" ini hanye ade sedikit di dunie. Di Asia mak ini konon hanya ade di Pagerjurang, Bayat Kab. Klaten Jawa - Tengah. Sementare di Kayu Agung sejak tahun 1980-an sude punah alias ngatek agi.


Balek ke "perahu agung", menurut sejarah merupakan evolusi endai perahu-perahu Cine. Perahu ye berukuran +/- 8 meter wan lebah +/- 2 meter ini memiliki kekhasan yaitu atapnye tebuat endai daun nipah yang terdiri endai 3 bagian di mane di bagian depan disebut gok Kajang Tarik (karena memang bisa di tarik untuk melindungi dari hujan dan terik matahari) di tengah di sebut gok kajang tetap karena permanen dan dibelakang disebut gok tunjang karang.


Ke khasan juga terdapat di bagian depan perahu ye disebut gok "selungku" tonjolan lok kepala ye berfungsi untuk meredam hantaman perahu saat membentur sesuatu. perahu ye dulunya terbuat dari kayu rengas (Latin Melanorrhoea wallichii, uhang Cine menyebutnye Chat-si atau Kayu Hantu, selain bada jeme nyakah roh alus, getah rengas amen kene badan nak matilah. Dulu thn 80-a ade sebatang di belakang rumah sakit umum) --ini mak ini sude dekde tekinak agi. Juge di sungai-sungai lain di Sumatera temasok sungai Musi.


Walau mak itu "perahu agung" mase melekat dalam ingatan kolektif kite, ye ngajungkan kite dulu dek tekelap tidoh gara-gara nak mbeli mainan tiup endai tanah liat berbentuk burung ye bunyinye mirip perkutut.

3 comments:

  1. kalu di pangkalanku dulu perahu agung ni galak mandak di bawah batang bualo parak mesjid, tapi mak ini batangnye lah huboh.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas catatan menarik ini.

    Saya minta izin kutip tentang anak-anak membeli celengan tanah liat untuk tulisan ringan saya tentang perahu kajang.

    salam,
    Syam

    ReplyDelete
  3. Astaufirullah....Maaf sedalam2nye aku gok kamu bilang uhang. Aku empai nginak amen banyak komentar di "dashboaerd" yg dekde ter-publish. Jadi aku dewek dek keluro selame betaun2 ini ade komentar kamu. Maaf sekali agi atas kekhilafan, kekurangpahaman dan kekurang-ilmu-pengetahuanku di blog ini sampai2 aku dekde mbalas komentar kamu bilang uhang. terimekasih yg telah apresiasi. DIIZIN kan ye minta izin. dll. Mahaf-mahaf nian.... Salam JONILODEH.

    ReplyDelete