Thursday, April 12, 2012

BATURAJA 1927

Inilah foto-foto pasar atau pusat Kota Baturaje tahun 1927. Amen diasati pasat-pasat, di belakang deretan mubil kuno itu ade papan reklame (Bld, reclameboard) produk ban mubil Good Year. tentu kian ini perusahaan Good Year Internasional yang berdiri 1898 dan berpusat di Amerika. Bukan Good Year Indonesia yg empai ade tahun 1935.

Sedangkan penunjuk jalan menunjukkan arah ke Martapoera 27 KM, Moearaenim 87 KM.
Pacak dipastikan lokasi ini mengambil daerah Pasar Pucuk mak ini ahi. Kinak ade bukit di bekangnye dan penunjuk arah mengarah ke arah jalan menuju Martapura, Muara Dua dan Muara Enim. Artinye, di sinilah "Zero Point" Baturaje waktu itu. Bukan seperti sekarang, di mane "titik nol" nye dimulai endai huma Kabupaten.

foto: koleksi universiteit leiden

Sementare foto di bawah ini, masih di lokasi yang same menunjukkan bangunan kantor pos (Postkaantor) dan mubil jaman itu. Konon, mubil yang beredar di Baturaje jaman itu adalah Fiat Model 500 ye regenye dianggap paling murah waktu itu 935 Gulden. Merek Mubil lainnye adalah Ford model T seperti tampak dalam gambar, Albion, Rugby, Chevrolet, dan Whitesteam. Saat itu, pasaran mobil demikian pesat. Dua perusahaan mobil Amerika, seperti dimuat dalam iklan di surat kabar Pertja Selatan, yaitu Ford dan Chevrolet berkompetisi ngambek ati pembeli. Tahun 1920-an, Ford diregei gok Nlg 2.155, amun Chevrolet seharga Nlg 2.195. Di Palembang bahkan ade showroom spesialis Ford. maklum, waktu itu rege getah balam dang melangit. Jadi wajar amen banyak mubil pribadi ye beredar.

foto: koleksi universiteit leiden

Nah, amen yang ini tampak bagian pasar yang terbakar di tahun 1927. Di sisi kanan ade sebuah hotel. Lokasi ini adenye di Jl. Sudirman endai arah Simpang Empat mak ini ahi. Artinye, hotel ini mematahkan ingatan massal kite bahwa hotel pertame di Baturaje adalah Hotel Merdeka di parak stasiun dan Hotel Tiga Dara yang berlanggam country look di Jalan kalam (Dr Sutomo).


foto: koleksi universiteit leiden

Amen kite nginak'i perkembangan "Indonesia" di tahun-tahun itu, foto ini artinye setahun sebelum para pemuda mengikrarkan diri dengan ape yang kite kenal gok Soempah Pemoeda sekarang. Pada tahun-tahun itu pule gerakan pemuda untuk menjadikan "Indonesia" dang giat-giatnye. Ingat,1927 juge ditandei dengan Belande menangkapi Moh. Hatta dkk yang membuat organisasi Perhimpoenan Indonesia di Eropa.

Hindia Belande pada masa itu dipimpin oleh Cornelies Dirk de Graeff yang memerintah antara 1926 sampai tahun 1931
. Aku belum dapat info Residen yang memimpin Palembang waktu itu, termasuk wakil mereka di Baturaje.

2 comments:

  1. owwwwwwww mantaPppp...

    ReplyDelete
  2. Mantap ding lanjutkan berburu koleksi-2 foto-foto baturaje tempo doeloe...serta update terus news..

    tamami@gmail.com

    ReplyDelete