Monday, May 24, 2010

MUTIARA, TOKO BUKU PERTAME DI BTA

pacak dekde kawan amen toko buku pertame di bta adalah toko buku MUTIARA. letaknye persis di pangkal jalan masok jeramba GUDANG GARAM skrg (bambu kuning). pemiliknye dulu namenye IDRIS SUTAN RAJO ALAM, perantau endai SULIT AIR, sumatera barat. sebelum ade toko buku PEDOMAN yang merajai buku di baturaja tahun 90-anTB MUTIARA eksis menjual buku-buku agama, komik sampai cerite silat macam ko ping ho. awal thn 80-an TB MUTIARA mulai bangkrut berganti menjadi toko jamu. setelah sang FOUNDER wafat, toko buku ini semakin redup karene anak-anak beliau menjadi pedagang-pedagang handal di KALANGAN/pasar pekan.(he.he..mase ingatkan amen kalangan di TALANG LADOK tiap ahi SENIN?)

toko buku inilah yg menularkan kios-kios komik yang tumbuh di baturaje awal 80-an. kios komik yg plg rami dan paling lame bertahan adalah KIOS BACA KOCIK, di jl dr sutomo. di kios ini dahulu anak-anak pacak nginak komik GUNDALA PUTRA PETIR (hasmi) SIBUTA DR GUA HANTU (jan jaladara) dan tentu KO PING HO dll.....ciaaaat!

1 comment:

  1. Khasenye masih ade toko buku yang lebih lame agi yaitu toko Venus badahnya persis di badah Apotek Putra Farma parak jerambah Ogan I

    ReplyDelete