Tuesday, December 28, 2010

SEPUR UGAN DEKDE LIWAT AGI DI BELATUNG


stasiun baturaje tahun 1931
sewaktu baturaje masih dipimpin oleh bupati SALEH HASAN, kota baturaje punye moda angkutan massal yang membanggakan. namenye SPUR OGAN. yap, dekde salah agi, spur dengan empat gerbong ini memang khusus ngangkut jeme baturaje ke palembang atau sebaliknye. maklum, di tahun 1980-an memang angkutan ke palembang endai baturaje atau sebaliknye dekde sebanyak mak ini ahi. jadi wajar amen SPUR OGAN menjadi andalan dan primadona waktu itu.

bagi jeme baturaje ye nak ke pelimbang, naek SPUR OGAN dek tahu nak ninggi ahi. sebab, spur yang ditarik lokomotif CC202 buatan GENERAL MOTORS kanada (?) ini berangkat tepat jam 4.30 endai stasiun baturaje. jadi, dek kubar sembayang suboh spur lah persiapan berangkat. sampai di KERTAPATI kire-kire jam 10an pagi.
seingatku, di tahun 1983 rege tiket endai BATURAJE ke KERTAPATI cuma rp. 1600 rupiah. sementare rege kerite mini di pelimbang sekitar rp. 35.000 sampai 50.000. beda sekitar 15 ribu endai rege kerite di toko PALAK BESAK di baturaje. jadi, lemaklah mbeli kerite di pelimbang dg ongkos pengaji rp. 3200 pp, endai mbeli kerite di baturaje. di pelimbang juge banyak pilihan.

W.F.J. Krols bij de aanleg van een spoorweg bij het ten westen van Koetaboemi gelegen Batoeradja

balek ke SPUR OGAN. pade waktu itu angkutan publik ini menjadi moda yang bukan saje untuk mereka ye nyakah perniageaan endai baturaje ke pelimbang atau sebaliknye. tapi juge dimanfaatkan bagi mereka yang nak menempuh perjalanan pendek tapi murah. misalkan guru ye nak ngurus ngaji endai peninjauan ke baturaje, aau ye cuma nak ke belatung tapi cuma punye ongkos dikit. SPUR OGAN saat itu menjadi andalan. maklum, masinisnye rate-rate pacak diajak negosiasi "bayah pucok". bahkan, amen nak diitung-itung, banyaklah jeme ye "mbayah dipucok" endaikan ye membeli tiket di stasiun. ape lagi aparat berseragam dan keluargenye. dijamin pasti modalnye cuma senyum.

aku mase tehingat waktu itu kondekturnye bername MUIS. si kerempeng berhati lembut ini lebih banyak kesian gok penumpang SPUR OGAN. alhasil, die dekde tahu nak marah amen jeme ye naik spur dekde mbeli tiket. apelagi mereka ngaku-ngaku keluarge.
sepur yang masih di bawah naungan divre III, sumatera-selatan ini rutenye: BATURAJE, belatung, belimbing-air kakah, lubuk rukam, peninjauan, metur, pagar gunung, air asam, tanjung rembang, PRAMULIH, lembak, karang enda, gelumbang, serdang, payakabung, simpang, dan berakhir di KERTAPATI.

SPUR OGAN kadang dikawal oleh petugas keamanan. nah, polsuska (polisi khusus kereta api) yang paling ganas waktu itu namenye JAMIL. reputasinye bukan main. polsus yang gumbaknye selalu klimis (mgkn makai minyak tancho) ini, pernah nimbak maling ye melumpat endai spur. dan timbakannye kebetulan kene busong maling itu. padahal JAMIL nak nimbak keting. konon, sejak peristiwa itu JAMIL dekde agi ngecak pistol.

sekitar tahun 1987-an SPUR OGAN dekde agi keaningan gasenye. dan sekitar tahun itu pule spur-spur lokal di sumsel juge dekde bergerak. seperti KA lematang, KA sindang marga dan KA bukit serelo dan KA bukit sulap yang menempuh jalur KERTAPATI - LUBUK LINGGAU. sementare itu KOTA BUMI - TANJUNG KARANG yg jaraknye juge pendek merevitalisasi kembali SPUR mereka. kapan SPUR OGAN liwat agi di stasiun BELATUNG?

-------------------------------------------------------------------------------------------------------
  • belatoeng merupakan stasiun terbesar di OKU waktu itu dan menjadi tempat berkumpul insyinyur2 STAATSPOORWEG (SS), maskap[ai yang membangun jaringan KA di sumsel.
  • jaringan rel KA di sumsel mulai dibangun tahun 1914 sampai dengan 1927 dengan rel pertama dari tj. karang ke tarahan panjang sepanjang 12 km. dan setelahnya bersambung sampai ke kertapati dan lb linggau sepanjang 411 km (?).
  • sejak mulai dibangun rel sumsel memang diperuntukkan untuk angkutan barang

6 comments:

  1. Aq ijin share yo mang..

    http://baturajaonline.com/2010/12/30/sepur-ogan-dari-baturaja.html

    ReplyDelete
  2. hahaahah

    ingat cerite ninek q di duson pini..

    ReplyDelete
  3. tapi sepur lamsam masE lalu dusun belatung,trus ke air kaka trus ke lubuk rukam,peninjauan,metur

    ReplyDelete
  4. tapi sepur lamsam masE lalu dusun belatung,trus ke air kaka trus ke lubuk rukam,peninjauan,metur

    ReplyDelete
  5. Astaufirullah....Maaf sedalam2nye aku gok kamu bilang uhang. Aku empai nginak amen banyak komentar di "dashboaerd" yg dekde ter-publish. Jadi aku dewek dek keluro selame betaun2 ini ade komentar kamu. Maaf sekali agi atas kekhilafan, kekurangpahaman dan kekurang-ilmu-pengetahuanku di blog ini sampai2 aku dekde mbalas komentar kamu bilang uhang. terimekasih yg telah apresiasi. DIIZIN kan ye minta izin. dll. Mahaf-mahaf nian.... Salam JONILODEH.

    ReplyDelete
  6. oy mang kamu ni ngumongkan abahku yee.. aku ni anak JAMIL.. umakku namenye Ribut Setiawaty, dulu pramugari Di sepur Ogan tuh.. cuman mak ini akhi lah jadi kepala sekolah di SMAN 5 OKU..

    amen mak ini cerite nye au reti terkenal abahku ni ee.. hahaah...
    die memang terkenal polsuska ganas dulu..

    Salam Djastian anak JAMIL .. haha

    ReplyDelete