Sunday, September 27, 2009

DAVID, WASIT BATURAJA YANG TOP DI TH 80-AN


Bagi warga Baturaja yang tumbuh di tahun 80-an wajah ini mungkin sangat Anda kenal. Ya, David! Dia yang sering menjadi wasit setiap pertandingan sepak bola di Baturaja. Dialah wasit kedua yang pernah mendapatkan sertifikat PSSI setelah almahrum Daryono Sayat yang populer di tahun 70-an. Daryono Sayat adalah guru olahraga SMA 1 Baturaja dulu.

David bernama asli Rifai Darisi berasal dari Poso, Sulawesi Tengah. Merantau di Baturaja tahun 1977 dan menjadi anggota Band Aries (d/h Band Braja) sebagai pembetot bass. Kalau orang-orang dusun mengenalnya sebagai pemain band/orkes yang waktu itu masih sering dapat panggilan, sebenarnya David adalah wasit berprestasi. Namun lingkungan Baturaja yang keras membuatnya sering jadi korban dalam setiap pertandingan. Tidak jarang David dikejar dengan lading (pisau khas ogan) karena dianggap berpihak. Diantara wasit lain--seperti Pak Asan dan Awi--yang juga populer pada waktu itu, Davidlah yang sering mendapat pelatihan. Bahkan menjadi wasit ke Palembang.

Dulu, David juga dikenal sebagai pemain biola yang mengiringi penari-penari Baturaja hingga pentas ke Balai SIdang. Usianya kini tak muda lagi, lebih dari 50 tahun. Namun semasa mudanya David menjadi bagian dari hiruk pikuk kota Baturaja, khususnya dunia olahraga dan seni. Dan masih menjadi ingatan kita semua.

No comments:

Post a Comment