Monday, May 09, 2011

WAK BISMILLAH

Pingin Cukur Luncuk, Jambul, ape Jengki?


Wak Bismillah. Itulah neme populernye. Tukang cukur asal Ds Sukajadi (Kalam) ini mungkin paling legendaris di Baturaje era 80-an sampai 90-an awal. Bada mangkalnye persis di bawa batang kayu ujan Pasar Tugu (Skrg Jl. Kapten Syahrial tepatnye sebelah huma Pak Anwar Alm. ayah Teti Anwar). Sebelum memiliki kios (barbershop) yang berukuran 2 x 2 yang menempel di belakang bengkel motor, Wak Bismilah cuma mengandalkan kursi lipat gok kace ye tegantung di bawah batang kayu-ujan.


Ngape beliau diantau Wak Bismillah? Dekde lain, disebabkan lelaki berbadan gempal dengan gigi emas yang merintit ini dekde kela lupe ngucapkan asma Allah setiap kali nak nyucur gumbak pelanggannye. Dan ucapan itu dilafalkan dengan penuh tumakminah. Apalagi jikalau beliau mencukur anak-anak. Ucapan Bismillah akan lebih keras dilafalkan seolah-olah mengajarkan pada anak yang akan dicukur.


Lalu potongan ape yang pelanggan minta? Jaman itu yang musim tentu kian potongan jengki. Potongan ini semacam "spike" hairstyle yang dipadukan gok potongan "shaggy". Dalam istilah jeme salon bangs brushed, atau gumbak ye panjang di sikok sisi sampai menutupi mate. Amen mak ini ahi kire-kire lok gumbak Ibas SBY yg belah pinggir. (ha.ha. Maaf Ibas gaya rambutmu jadul banget!)


Ade pule potongan luncok. Potongan yang sering disebut "gumbak cepak" ini memang ala tentera. Maklum pelanggan Wak Bismillah memang banyak endai prajurit-prajurit Yon 145 (skrg pindah ke Balau-Jl antara Palembang-MUBA) dimene Pasar Tugu dulu berdiri. Gaya gumbak semacam ini belum terkikis sampai mak ini. Sebutan luncok untuk menunjukkan bentuk lancip di bagian depan. Sampai-sampai pos polisi di Pasar Pucuk juge disebut" pos luncok".


Nah, gaya lain yang biasenye khusus dipakai anak-anak atau budak kecik asal Jawe di masa itu adalah jambul depan. Dulu, di Pasar Tugu atau Baturaje, gaya gumbak macam ini cuma dipakai Ging Embuk, penjual daging yg terkebelakang, yang terkenal di Baturaje pade masa itu. Bentuknye yang cuma meninggalkan gumbak di bagian depan lok jambul, memang jarang diminati jeme dihi. Model gumbak macam ini populer lewat tokoh anak-anak bernama Temon dalam film Serangan Fajar karya Arifin C Noor atau tokoh si Tebe dalam Islam KTP.


model rambut gaya jambul


Dan yang jege digemari anak-anak jaman itu adalah gaya gumbak poni lok Adi Bing Slamet. Biasenye, gumbak macam ini cuma diminati oleh anak-anak jeme kaye atau Cine Pasar.


Balek ke Wak Bismillah, ade yang menarik endai kepiawaiannye dalam mencukur. Wak Bismillah tanpa disadarinye telah mewarisi tradisi tukang cukur abad ke 16 di Eropa yang dekde saje jago netak gumbak, tapi juge pandai dalam cerite. Jadi wajar amen di "barbershop" nye yang kecik itu banyak jeme bekumpul untuk nganingkan kelakarnye.


Sejak Ps Tugu digusur tahun 1987 menjadi Pasar Kedondong yang memakan pangkal jalan Lorong Pontas, Wak Bismillah juge pindah ke sane. Tapi kesehatan beliau berangsur menurun. Batuk-batuk mungkin akibat rambut yang terserap, mengganggu pernafasan beliau. Sampai kemudian beliau wafat, "barbershop" yang dekde bemirek apelagi makai "barber-pole" itu, tetap saje dikenang dengan sebutan Cukur Wak Bismillah.


FAKTA LAIN:

- potong rambut atau kriting yg terkenal utk wanita jaman itu adalah Salon Venny dan Salon Mai, sebelah Wella Salon tepatnya di depan gerai kacamata Kasoem sekarang.

- musim kriting gumbak biasenye pas musim kawe atau kopi. amen kite liwat di salon itu bedengas embau minyak keriting jeme-jeme dusun ye bekantong tebal sambil embunyikan tape lagu batanghari sembilan ye empai di beli di toko Gemilang.

- Ade lagunye "Ting ting nyak/ kriting kurang minyak/ bejalan nginak-nginak/ tecipak kaling minyak//

No comments:

Post a Comment